Senin, 08 Agustus 2011

Microsoft Power Point

Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.

Sejarah

Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

Bagaimana cara mencari file PowerPoint

www.Orifile.com adalah search engine yang dikombinasi dengan google, dimana di orifile.com kita bisa mendownload file tertentu secara gratis untuk format document, power point, pdf, dan excel. Hasil pencarian menggunakan orifile.com berupa file yang bisa didownload. Dan hasilnya langsung berformat doc, ppt, pdf, dan xls. Terdapat fitur tambahan yaitu fast login dimana kita bisa mengakses website facebook, youtube, twitter dengan 1 langkah klik.

Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx.

Versi

Tahun Versi PowerPoint Sistem Operasi Paket Microsoft Office
1987 PowerPoint 1.0 Mac OS classic T/A
1988 PowerPoint 2.0 Mac OS classic T/A
1990 PowerPoint 2.0 Windows 3.0 T/A
1992 PowerPoint 3.0 Mac OS classic T/A
1992 PowerPoint 3.0 Windows 3.1 T/A
1993 PowerPoint 4.0 Windows NT 3.1, Windows 3.1, Windows 3.11 Microsoft Office 4.x
1994 PowerPoint 4.0 Mac OS classic T/A
1995 PowerPoint 7 for Windows 95 Windows 95, Windows NT Microsoft Office 95
1997 PowerPoint 97 Windows 95/98, Windows NT 4.0 Microsoft Office 97
1998 PowerPoint 98 Mac OS Classic Microsoft Office 1998 for Mac
1999 PowerPoint 2000 Microsoft Windows 98, Windows NT 4.0, Windows 2000 Microsoft Office 2000
2000 PowerPoint 2001 Mac OS X Microsoft Office 2001 for Mac
2001 PowerPoint 2002 Windows 2000/XP Microsoft Office XP
2002 PowerPoint v.X Mac OS X Microsoft Office:mac v.X
2003 PowerPoint 2003 Windows 2000 Service Pack 3, Windows XP Service Pack 1, Windows Server 2003 Microsoft Office System 2003
2004 PowerPoint 2004 Mac OS X Microsoft Office:mac 2004
2006 PowerPoint 2007 Microsoft Windows Vista, Windows XP Service Pack 2, Windows Server 2003, Windows Server 2008 Microsoft Office System 2007
2007 PowerPoint 2008 Mac OS X Microsoft Office:mac 2004

 Operasi

Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide". Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web).
PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition. Properti pergerakan Entrance, Emphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari prsentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline).
PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut:
  • *.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.

Kompatibilitas

Mengingat Microsoft PowerPoint merupakan program yang sangat populer, banyak aplikasi yang juga mendukung struktur data dari Microsoft PowerPoint, seperti halnya OpenOffice.org. OpenOffice.org Impress|Impress dan Apple Keynote. Hal ini menjadikan program-program tersebut dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk PowerPoint, karena selain tentunya dapat membuka format PowerPoint, aplikasi-aplikasi tersebut tentunya memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh PowerPoint.
Meskipun demikian, karena PowerPoint memiliki fitur untuk memasukkan konten dari aplikasi lainnya yang mendukung Object Linking and Embedding (OLE), beberapa presentasi sangat bergantung pada platform Windows, berarti aplikasi lainnya, bahkan PowerPoint untuk Macintosh sekalipun akan susah untuk membuka presentasi tersebut, dan bahkan kadang-kadang tidak dapat membukanya secara sukses dalam Macintosh. Hal ini mengakibatkan adanya kecenderungan para pengguna untuk menggunakan format dengan struktur data yang terbuka, seperti halnya Portable Document Format (PDF) dan juga OpenDocument dari OASIS yang digunakan oleh OpenOffice.org dan tentunya meninggalkan PowerPoint. Microsoft juga sebenarnya sudah melakukan hal serupa saat merilis format presentasi berbasis XML (PowerPoint 12), meskipun hingga saat ini masih banyak pengguna yang tetap menggunakan PowerPoint 11 (Microsoft Office PowerPoint 2003) yang masih berbasis data biner.

Memulai Power Point

Pada versi berapapun yang anda gunakan tampilan awal akan sama, dan paad tampilan ini anda diminta memilih scheme. Anda akan mengelola dan menjalankan scheme ini sesuai kehendak anda. Akan muncul tiga layout sebagai berikut
Auto Content Wizard
Tools ini cocok untuk presentasi bisnis, karena karena templatenya berhubungan dengan bisnis. Disarankan bagi pemula tidak memilih yang ini.
Design Template
Tool ini menyediakan beragam template yang menarik. Anda bisa memilih background halaman atau membuatnya sendiri. Pilihan layoutnya sama dengan BlankPresentation (dibawah). Pilihan ini cocok untuk pemula karena karena isinya sudah disetting dengan unsur seni yang bagus.
Blank Presentation
Pilihan ini diperuntukkan bagi yang sudah paham betul power point karena kendali ada ditangan anda. Anda bisa berkreasi secara total pada pilihan ini.
Setelah anda pilih salah satu akan muncul slide baru pada halaman berikutnya sesuai pilihan anda.

Design Template

Tidak seperti pada Auto Content Wizard, pada Design Template ini anda bisa memilih layout yang tersedia dan akan muncul warna dan background pada sampingnya.
Setelah memilih format design, anda harus memilih format text dengan pilihan seperti gambar dibawah
Catatan
Setting background dapat dirubah melalui "Common Tasks" lalu "Apply Design Template" seperti pada gambar. Penjelasan lebih lanjut bisa dilihat pada bagian common tasks

Blank Presentation

Tampilan yang muncul ketika anda memilih Blank Presentation adalah sebagai berikut
Ada sekitar 24 macam layout yang tersedia pada Blank Presentation meliputi layout kosong, dimana anda bisa bebas menggunakannya sesuai kehendak anda
Catatan
Anda tidak terikat pada satu layout saja seperti pada tampilan, melainkan anda busa merubahnya sewaktu-waktu. Lebih lanjut lihat pada halaman Common Tasks

Creating a New Slide

Jika anda ingin membuat slide baru tinggal klik "Insert" kemudian "New Slide" seperti pada gambar
Dengan mengklik "New Slide", anda akan mendapatkan halaman slide baru seperti pada "Design Template", anda bisa menyisipkannya pada prsentasi anda.

Menghapus Slide

Pada tutorisl ini kami telah membuat tiga slide yang isinya 1st Slide 2nd Slide dan 3rd Slide dan ini dapat dilihat pada windowoutline disebelah kiri slide yang sedang dikerjakan.
Ada beberapa cara untuk menghapus slide, pilih slide yang akan dihapus dengan klik pada gambar kotak kecil disamping kiri yang tampilan kemudian klik gambar gunting atau klik menu “edit” lalu “delete slide”. Cara lain adalah dengan memilih slide yang akan dihapus lalu tekan tombol delet/del pada keyboard.
Catatan
Tutorial ini dibuat untuk power point 2000 dan sebelumnya. Untuk bagaimana melihat slide dari berbagai view bisa diluhat pada "Viewing Your Slides" (“melihat slide anda”)

Apa yang dimaksud “ Common Tasks Shortcuts”?

Dengan shortcut ini anda bisa melakukan bebeapa pekerjaan dengan cepat. Jika di klik akan muncul tiga submenu yaitu New Slide, Slide Layout, dan Apply Design Template.
New Slide fungsinya sama dengan "Insert" lalu "New Slide" yaitu untuk menyisipkan slide baru
Slide Layout anda dapat mengatur text dan grafik seperti ketika pertama anda membuat slide baru
Apply Design Template digunakan untuk memilih atau merubah desain template pada presentasi anda. Ini adalah cara manual jika cara pertama tidak dapat dilakukan.

Menyisipkan teks ke dalam slide

Cara yang paling mudah untuk menyisipkan teks adalah dengan memilih satu dari 24 teks layout yang disediakan power point. Ketika anda menyisipkan slide, anda bisa memilih salah satu layout yang sesuai dengan tujuan anda. Tetapi jika anda ingin menyisipkan teks pada slide yang sudah dibuat atau slide yang ada di tengah anda bisa melakukannya dengan cara sebagai berikut
Pertama pilih atau klik slide yang akan disisipi teks kemudian klik menu "Insert" lalu "Text Box," seperti pada gambar.

 

Merubah Font dan warna huruf

Pertama pilih slide yang akan dirubah jenis font dan warnanya kemudian klik “Format” lalu ”Font” seperti pada gambar. Atau dengan mengeblok kalimatnya kemudian pilih jenis font dan warnanya seperti yang kita lakukan pada Word.



Menyisipkan WordArt pada Presentasi Anda

Untuk memnambahkan WordArt pada presentai anda dapat dilakukan dengan cara klik "Insert" lalu "Picture" kemudian "Word Art" seperti pada gambar.
Kemudian akan muncul tampilan WordArt seperti pada gambar dan anda tinggal mengolahnya.

Menyisipkan Gambar pada Presentasi

Jika anda ingin menyisipkan gambar untuk memperindah presentasi anda caranya adalah sebagai berikut:
Pertama klik "Insert" lalu "Picture" kemudian "Clip Art atau From File.". jika anda memilih “ClipArt” maka anda bisa memilih Gambar yang tersedia pada computer, tetapi jika anda mempunyai gambar sendiri yang disimpan pada suatu file anda bisa memilih “fFrom File”
 
Berikut adalah contoh untuk menyisipkan gambar pada presentasi anda dari gambar yang tersimpan pada desktop computer anda. 

Mengatur lebar gambar

Untuk mengatur lebar gambar anda bisa klik pada gambar yang ada kemudian klik dan drag pada kotak kecil yang muncul di sudut gambar.

Membuat Animasi Pada Power Point

Untuk membuat animasi klik pada "Slide Show" lalu "Custom Animation" sperti pada gambar
Dalam contoh ini ada tiga gambar yang disisipkan. Untuk memberikan efek animasi, maka pilih dulu gambar yang akan diberi efek dengan member centang pada kotak disamping kiri dan anda bisa memilih animasi dengan mouse atau otomatis, lihat gambar
Kemudian klik efek untuk menentukan jenis efek yang diperlukan, misalnya kita menggunakan efek “Fly” dan “from bottom” maka gambar akan muncul dari bawah(bottom), anda bisa memilih sesuai keinginan anda.

Mengatur Urutan Gerakan Animasi

Masing-masing obyek (gambar atau teks) yang anda masukkan pada tiap slide akan mempunyai identitas, dan jika ditampilkan slide show maka gerakan kemunculannya akan urut dari yang paling atas kebawah, lihat gambar
Cara merubah urutannya anda tinggal klik pada identitas obyek pada ” timing & order”, kemudian klik panah keatas atau kebawah sesuai keperluan. Sebagai contoh, kita merubah “text” dari urutan nomor 4 menjadi urutan pertama, maka klik “text” lalu klik panah ke atas sampai “text” tersebut berada di no. 1. Lihat gambar

Menyisipkan efek suara pada Power Point

Presentasi akan menjadi lebih menarik jika kita beri efek suara atau music atau film, dan cara untuk menyisipkan efek suara/music/ film, anda tinggal kli "Insert" lalu "Movies and Sounds" "Sound From File". (Suara yang disisipkan sudah ada pada file kita)
Setelah itu aka nada dialog lonfirmasi seperti gambar dibawah, jika anda klik “Yes” maka efek suara akan aktif selama presentasi ditampilkan, tapi jika anda klik “No” maka efek akan aktif jika anda menekan icon “sound” atau gambar speaker pada tampilan slide anda
Ada pilihan lain yaitu dengan melalui klik "Slide Show" lalu "Custom Animation," seperti pada gambar dibawah seperti pada meteri sebelumnya
Disini anda bisa mengaturnya sehingga efek suara akan mulai aktif pada kemunculan obyek yang kita pilih, klik “multimedia setting” dan beri centang pada “Play using animation order” seperti gambar dibawah
Dari contoh gambar diatas, efek suara akan aktif ketika gambar yang telah dipilh muncul saat presentasi

Menentukan Background pada Presentasi Power point

Jika anda memilih slide dari Blank Template, disana sudah tersedia default background, jika anda ingin merubahnya, langkahnya sebagai berikut:
Klik "Format" kamudian "Background"


Kemudian akan muncul dalog seperti pada gambar dibawah ini, anda bisa memilih background dengan klik pada panah hitam kecil kearah bawah, kemudian pilih warna yang ada, atau pilih “more colors…” untuk mencari warna lain atau klik “Fill effect…” untuk mencari efek yang lainnya, lihat gambar dibawah

Menggunakan "Gradient, Texture, Pattern, Picture" pada Presentasi Power point

Selain background warna dasar, power point juga menyediakan efek background warne kombinasi yang dapat diatur dengan cara klik "Format" lalu "Background," kemudian pilih "Fill Effects" seperti pada gambar
Disini anda bisa memilih efek background keinginan anda sesuai dengan yang tersedia pada menu yang ada.

Membuat link Presentasi Power Point dengan situs atau website pada internet

Jika anda melakukan presentasi dengan power point dan ada fasilitas online, anda bisa me-link presentasi anda dengan situs atau website atau blog, ini akan mempermudah menyediakan bahan diskusi pada audien anda.
Adapun cara membuat linknya adalah sebagai berikut
1. Menggunakan teks sebagai hyperlink
Klik "Insert" lalu "Hyperlink" kemudian akan muncul dialog sperti pada gambar dibawah
Kotak “Text to display” diisi dengan teks yang dimunculkan pada presentasi sedangkan “Type the file or web page name” diisi dengan alamat situs yang dikehendaki
1. Menggunakan gambar sebagai hyperlink
Pertama sisipkan gambar, kemudian klik pada gambar tersebut lalu lakukan seperti pada proses no. 1 .

Menata ulang urutan tampilan pada presentasi power point

Kadang-kadang pada saat presentasi kita perlu merubah urutan tampilan yang telah kita buta sebelumnya karena disesuaikan dengan keadaan, anda hanya tinggal melakukan sedikit hal sebagai berikut:
Pertama pilih slide yang akan dipindah dengan cara, pilih kotak grafik slide di sebelah kiri lihat gambar
Kemudian klik dan tahan lalu seret ke urutan yang di kehendaki seperti pada gambar dibawah

Membuat transisi atau jedah dengan efek dan pengaturan waktu pada presentasi power point

Kita bisa mengatur jedah antar slide pada presentasi kita, artinya diantara satu slide dengan lainya waktu dan bagaimana slide tersebut bisa diatur. Untuk itu caranya adalah dengan klik "Slide Show" kemudian "Slide Transition" seperti pada gambar berikut
Setelah muncul tampilan seperti dibawah ini anda bisa isi lalu klik “apply” jika yang dikehendaki adalah satu slide saja, atau “Apply to All” jika menghendaki ini diterapkan pada seluruh tampilan. Lihat gambar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar